MY GRADUATION DAY

by - 9:05 AM

Yuhuuu fashion enthusiast!

-----------------------

Finally I graduated with a title S.Tr.Ds
kepanjangannya adalah Seni Terapan Desain

Empat tahun lamanya ngampus di ISI Denpasar yang aku cinta ini, akhirnya aku WISUDA! Lega banget sih, soalnya masa = masa hectic udah lewat. Tapi ternyata wisuda itu ada enak sama enggaknya. Gaenaknya duduk dempet - dempet sambil nunggu giliran maju kedepan dan panas haha.


Btw, kalo udah acara graduation begini, pasti ribet banget buat para kaum hawa. Iya aku. Musti ngurusin ngurusin baju (kebaya), sepatu sampe make up dan printilan lainnya karna ini acara sakral yang belum tentu keulang. Beda sama para cowok yang keliatannya cuma mikir tuxedo doang dan enggak ribet. Pokoknya cewek teribet.

Nah, aku tuh paling susah cari model kebaya yang aku suka. Yah yang sesuai seleraku gitu hehe (cerewet emang anaknya kalo masalah baju). Soalnya model - model modif kebaya kebanyakan menurutku terlalu hebring dan terlalu anggun buatku (ahh cewek apa aku ini). Tapi bukan berarti aku tomboi ya. Aku sukanya yang effortless tapi tetep cantik dan cute dan beda dari kebanyakan. Singkat cerita aku mau yang unik.

Nah jadi aku mau share cerita aku tentang kebaya wisuda aku kemarin tanggal 28 September 2018. So, check this out!

DESAIN
Simple but eye-catching itu konsep dadakan dari outfit wisuda aku ini. Tapi enggak pake brainstorming atau moodboard ya wkwk niat banget dong emang mau TA? hehe. Kalo diperhatiin kebaya aku itu nggak banyak payetnya, dikasi payetpun karena dipaksa tukang kebayanya. Tapi aku minta ditaburin acak gitu aja dan enggak banyak dibagian kerung leher sama bawah lengan pake payet batangan warna emas.

Terus, yang buat eyecathcing adalah style kebaya modif yang aku desain (biar keren kedengerannya haha) ini bener - bener out of comfort zone nya kebaya - kebaya wisuda kebanyakan yang ada di Bali.

Kalau kamu orang Bali, pasti kamu taulah model kebaya modif yang lagi jaman itu kayak gimana, mungkin yang ala - ala sabrina trus ada detail full bordir + payet di bagian dada kepundak atau yang lainnya yang menurut kalian itu cantik banget. Menurut aku juga cantik banget emang, tapi kalo aku bayangin aku yang pake itu kok kayaknya nggak cocok ya (malu sebenernya). Apalagi kebayakan kebaya modif yang disewain itu pasti size-nya pada kebesaran di aku. Hufffft, maklum badanku supet irit. Jadi, karena kebetulan juga aku kepingin buat kebaya aku sendiri dengan desain yang beda, yaudalah dicoba.


Dimulai dari berandai - andai. Ini sket kasar yang aku buat waktu H-10 wisuda. Ya, H-10 itu waktu yang cukup singkat. Waktu itu masih sangat - sangat ragu, "bisa nggak ya dapet warna brokat kayak gini? dapet kain luriknya kayak gini dimana yaa?". Jadi, aku pingin banget pake kain lurik, soalnya kain itu asal kampung bapak - ibuku, Klaten - Jogja. Pingin aja waktu wisuda aku pake kain ini dengan rasa bangga karena udah kelar kuliah tanpa nunda hehe *cheers*. 

Kebetulan aku dari kedua saudaraku yang pertama kali wisuda. Waktu itu selesai wisuda bapak ke kamarku dan bilang "Bapak bangga kamu udah selesai", aku sebagai anak yang cengeng mewek dong.  Mungkin menurutmu agak lebay, tapi momen itu bener - bener berarti buat aku. Soalnya, ini salah satu cita - cita bapak - mamak untuk nyekolahin anaknya sampe kuliah trus wisuda. Alhamdullilah. 

Dannn, semua yang aku harapin itu kejadian. Senengggg. Kalo kalian sempet mampir ke menu profile aku pasti kalian tau moto yang aku ambil dari novel "no action nothing happen, take action miracle happen". Kalo nggak ada usaha ya nggak akan bisa kewujud kan? Beberapa kali aku hunting kain brokat dan akhirnya ketemu! Ah lumayan, warnanya pas warna nude coklat kulit yang aku mau. Trus aku cari - cari olshop yang jual lurik murah juga ketemu! Walaupun sempet takut ketipu hehe tapi akhirnya sampe rumah H-5 cuyy. Mungkin emang udah takdir ya aku disuruh pake desainku ini pas wisuda, akutu senenggggggg parah.

Nggak semua aku lempar ke tukang untuk jahit, cuma kebayanya doang soalnya budget menipis. Jadi aku harus jait rok kamenku sendiri. Dirumah aku nggak punya mesin jahit jadi aku super terimakasih buat Tya temen kampus aku sama mamanya yang ngijinin aku jait sampe tengah malem buat nyelesaiin kamenku itu di H-1 wisuda. Gatau lah kalo aku nggak juari - juariin mungkin aku gabisa pake kain luriknya :') hmm.  Makasi banyak Tyak❤️


ACCESSORIES
Untuk accessories-nya pun aku buat sendiri. Haha sok ide emang sih, tapi aku suka! Dari bros ala ala alpaka (bener ga namanya?) yang aku buat sendiri, tapi sekarang ilang gatau jatuh dimana huhu krosok kali aku. Trus antingpun aku buat sendiri pake bahan yang ada dirumah. Aku gasuka pake subeng - subengan soalnya. Nyewa juga lumayan cuannya hehe. You know, I love and prefer to DIY!

MAKEUP
Aku tipe cewek yang nggak suka make up yang bold. Aku suka yang polos - polos tapi ya jadi cantik juga. Yah istilahnya neutral look gais haha. Ahh, aku seneng banget sama hasil make up dari temen aku yang udah jadi beauty-gram ini, Wiwidd Maharani namanya. Make up-nya tahan lama dan finishing-nya itu loh yang aku suka! Jatuhnya itu glowing dan flawless. Ahh cinta akutu. Recommended banget kalo kalian tinggal di Bali seputaran Denpasar bisa calling si cantik ini, ramah anaknya yang penting kamu enggak cerewet aja hihi. Oh iya, untuk hairdo nya bukan dia yang buat ya, ini aku sok ide juga buat sendiri dan buru - buru karena aku telat bangun paginya huhu. Jadi rada berantakan. Tapi untung aku pake topi toga.

Sebelumnya di waktu aku Yudisium, aku juga buat kebaya aku sendiri. Tanpa payet tapi ada kombinasi brokat - brokatnya. Aku juga suka kebaya aku yang itu soalnya warnanya cantik! Kombinasi warna pink - gold. Ini aku sambilan belajar buat kebaya modif sih waktu itu. Aku udah punya kebaya ini dari semester 3 haha dan dulu aku planning untuk pake ini di wisuda. Yah tapi kenyataanya aku berubah pikiran terus pake kebaya lurik ini ehehe.

Kalo penasara, bisa liat kebaya Yudisiumku di link ini: 

Aku jadi inget kata dosenku waktu itu yang disampein sama temen kelasku, Septi, katanya "Kita harus pede sama karya kita" kurang lebih sih gitu katanya. Hari itu aku pede banget, padahal waktu itu juga aku mahasiswa terakhir yang masuk gedung (TELAT) terus diliatin orang - orang tapi aku tetep jalan tanpa ngeliatin orang - orang itu balik haha jangan dicontoh ya!

Overall, aku puas dan lega di hari wisudaku. Walaupun yah... ada beberapa yang missing tapi enggak apa - apa sih. Aku bersyukur akhirnya masa - masa perkuliahan selesai. Dan sekarang waktunya welcome to the real life! haha. Jadi apa yaa aku nanti?

Anyway, thanks for reading guys! 
Semoga kebaya ala - ala aku ini bisa ngasih ide ke kalian untuk kebaya wisuda kalian nanti! Kalo kalian mau buat diakupun aku sanggupin kok hehe :P contact me directly aja. Jangan lupa follow @itsnoque.




CHERRIO
- nita

.

You May Also Like

0 Comment